Rabu, 12 Desember 2012

Cara Belajar Yang Baik Kerja sambil Kuliah

Assalamu'alaykum wr.wb

Horas....

Nah...ketemu lagi sobat muda..

Berikut saya mencoba share dengan sobat muda sekalian tentang pengalaman saya cara belajar menghadapi ujian semesteran. Cara ini saya dapatkan ketika saya kuliah. Mungkin ini terlambat bagi saya tapi saya senang bisa mendapatkannya. Kalau ini saya terapkan mulai saya sekolah, mungkin saya sudah ranking kelas terus.
Sarjana dengan Nilai Cumlaude


Saya sebenarnya sudah masuk ranking 3 besar dikelas SMU tetapi metode ini belum saya dapatkan. Dengan nilai IPK yang cumlaude membuat saya puas dengan hasil jerih payah dan tahu gak?,,,,selama saya kuliah dan ujian semesteran saya tidak pernah mencontek baik buku maupun minta keteman.

Nih tipsnya.....
  1. Sehabis belajar dari kampus saya biasanya hanya mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh Dosen. Ingat mengerjakan tugas-tugas dari sang dosen sangat penting yang mana bermanfaat bagi diri kita sendiri dan tentunya akan menjadi nilai tambah buat kita. (Sang dosen akan mengatakan kita mahasiswa baik)
  2. Usahakan dikelas kita aktif. Apabila ada materi yang tidak paham jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan keteman yang mengerti. Jangan malu dikatakan bodoh oleh orang lain.
  3. Apabila dosen memberikan pertanyaan, sebisa mungkin kita bisa memberikan pandangan atau opini kita. Dosen akan menghargai setiap pendapat kita.,,,,,Nah point berikut yang lebih penting
  4. Tanyakan pada bagian administrasi kampus, kapan akan dimulainya Ujian semesteran. Biasanya ujian semesteran ini ada pada kalender akademik. artinya info tentang ujian harus up to date
  5. Satu bulan sebelum Ujian. Biasanya pada beberapa jurusan akan ada dijumpai beberapa mata kuliah yang menghitung atau menghafal. Susun mana mata kuliah yang menghitung dan mana mata kuliah yang menghafal. Prioritaskan mata kuliah yang jumlah sksnya paling banyak. karena nilai A, B, C dan D akan sangat berpengaruh pada jumlah Score Akademik. Contoh SKS akuntansi 4 maka maka nilai A=4 jadi tinggal kali 4x4=16 point bandingkan jika kamu mendapatkan nilai B=3x4sks =12 point kan jadi ada selisih point 4.
  6. Untuk mata kuliah berhitung. saya anjurkan kamu berlatih malam saja antar jam 7 malam sampai jam 9 malam. Gak usah belajar kemalaman. dan untuk ilmu menghafal kamu usahakan jam 3 dini hari sampai dengan menjelang shubuh.
  7. Sabtu dan minggu tetap belajar.
  8. Apabila kamu sudah menerima jadwal ujian, susun kembali prioritas belajarmu sesuai hari ujian. Jadi kamu belajarnya berdasarkan jadwal ujian.
  9. Pada saat ujian, kamu tidak perlu lagi belajar se extrem persiapan sebulan menjelang ujian. cukup dengan melihat-lihat kembali dan relax.
  10. 10 menit sebelum ujian, saya sarankan bagi yang beragama Islam untuk shalat sunnah dan berdoa dimudahkan dalam menjawab soal-soal yang akan diujikan.
Kalau kamu belajar seperti itu, saya jamin kamu akan senyum-senyum melihat soal ujian. Menjawab dengan benar semuanya......

Kalau tidak ada niat, maka tips diatas tidak akan bisa dilakukan.

Bayangkan saya mendapatkan nilai cumlaude dengan tidak mencontek sama sekali. Disamping saya kuliah saya bekerja fulltime mulai jam 7 pagi sampai jam 5 sore, kemudia kuliah jam 6 sore sampai jam 10 malam. Kegiatan ini saya lakukan selama 4 tahun dan Saya bekerja setiap hari. Kalau Anda seorang yang beragama, sering-seringlah membaca kitab suci agamamu karena setiap kita membaca ayat suci pikiran kita akan tenang dan kita mudah dalam belajar.

Selamat mencoba ya.........Goodluck for you guys.......

2 komentar:

  1. terima kasih atas infonya

    ooh iya ini ada KOMPETISI CERDAS CERMAT ONLINE SE JATIM 2 ada banyak hadiah diantara nya uang ratusan juta rupiah,piala,tablet PC dan masih banyak lagi

    BalasHapus
  2. wah hebat...
    syukur alhamdulillah selalu diberikan kemudahan oleh ALLAH SWT,,,
    thanks wat uda share pengalamanNa...
    semoga secepatNa saya bisa kuliah lagi... amin ya rabbal'alamin..

    BalasHapus