Senin, 17 Desember 2012

Bakso Babi Beredar...Aduh...!!!

Bakso....!!!..wah ini merupakan salah satu kesukaan saya nih....bentuknya bulat seperti bola pimpong...walaupun saya tidak begitu menggandrungi makanan ini tapi saya sangat familiar dengan benda ini....Dikeluarga Istri saya, makanan ini seolah-olah sebagai makanan kesukaan,,hampir tiap hari mereka mengkonsumsi bakso ini dirumah....kakak ipar saya juga memproduksi bakso ini...Seminggu saya berada di Klaten, saya lihat bagaimana dia mengolah bakso ini dan tentunya dengan kwalitas bakso yang bagus...tiap kali menjual pasti baksonya habis terus...

Beberapa hari belakangan ini, marak sekali beredar bakso olahan yang terbuat dari daging celeng (Babi) di Jakarta, tapi tidak tahu apakah ini ada berlaku didaerah lain. Target utama mereka adalah para penjual bakso olahan. Umat Islam pasti dirugikan akan daging celeng ini. Peredaran daging celeng ini merupakan penipuan kepada para konsumen dan bisa dijatuhi hukuman sesuai dengan undan-undang konsumen pasal 62 (UU Perlindungan Konsumen). Siapa yang melakukan kena denda Rp 2 miliar dan maksimum 5 tahun penjara. Akibat ulah yang tidak bertanggungjawab ini, telah menurunkan tingkat beli masyarakat dan kwatir akan kehalalan bakso tersebut.

Sebagai masyarakat awam, cara mengenali daging celeng ini sangat susah diidentifikasi. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan uji coba lab,,dan bisa ditentukan DNAnya.

Dengan adanya kasus ini, semoga kita sebagai konsumen dan umat Islam lebih berhati-hati lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar